PANCASILA IDEOLOGI SAKTI INDONESIA | Majalah Tentara Nasional Indonesia

PANCASILA IDEOLOGI SAKTI INDONESIA


Kategori :
Edisi : Kamis, 1 September 2022
Penerbit :

PANCASILA SAKTI

Peristiwa pemberontakan dan pembantaian terhadap Perwira TNI AD (Pahlawan Revolusi) oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) pimpinan DN Aidit pada malam tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965 atau kita kenal dengan Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI) telah menjadikan sejarah kelam bangsa Indonesia. Tiga dari enam prajurit TNI yang menjadi target pembantaian langsung dibunuh di kediamannya, sementara lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya, Jakarta Timur, kemudian dimasukkan ke dalam suatu lubang sumur lama.
Insiden berdarah dalam G30S/PKI kala itu memiliki tujuan ingin mengkudeta pemerintahan yang sah dan merubah dasar negara Indonesia yaitu Pancasila menjadi komunis. Akibat perbuatan PKI tersebut maka di dalam negeri Indonesia terjadi gejolak yang besar dan memakan korban yang tidak sedikit yang pada akhirnya bisa diredam oleh TNI.
Untuk mengenang sejarah kelam masa lalu dalam mempertahankan ideologi bangsa dan menghormati jasa para pahlawan revolusi yang telah gugur dalam peristiwa  G30S/PKI, pemerintah menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, dimana pada hari tersebut Pancasila memiliki kesaktian yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

 

Baca Ebook