SINERGITAS TNI POLRI | Majalah Tentara Nasional Indonesia

SINERGITAS TNI POLRI


Kategori :
Edisi : Rabu, 1 Maret 2023
Penerbit :

SINERGITAS TNI POLRI

Sinergitas antara TNI dan Polri mempunyai peran yang sangat penting dalam rangka menyukseskan prioritas pembangunan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terlebih  saat ini Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan yang tidak mudah mulai dari risiko krisis global di bidang sosial-ekonomi, ancaman pangan, bencana alam dan perubahan iklim, hingga gangguan kesehatan masyarakat. Dengan adanya sinergitas TNI Polri diharapkan mampu menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional, guna menjaga stabilitas rasa aman dan damai ditengah pembangunan bangsa.
Sekilas mengingat sejarah bahwa TNI maupun Polri adalah dua organisasi yang masing-masing bergerak di wilayah yang berbeda. TNI dari awal dibentuk untuk menangani masalah pertahanan keamanan negara, sementara Polri dibentuk dan di design untuk menangani masalah kamtibmas yaitu keamanan dan ketertiban masyarakat. Kedua tugas tersebut sama-sama bergerak dalam bidang keamanan namun sangat berbeda karakter dan implementasinya dalam konteks hubungannya dengan masyarakat. Tugas pertahanan keamanan yang dimiliki TNI bergerak untuk mengamankan konsistensi atau eksistensi negara agar tetap kokoh berdiri dalam berbagai ancaman keamanan dan juga mengamankan negeri ini dari berbagai hambatan, tantangan, gangguan dan ancaman. Disisi lain kepolisian mempunyai tugas keamanan yang berbeda, yakni keamanan dalam rangka melindungi dan menertibkan masyarakat supaya tetap aman.
Sinergitas dalam pelaksanaannya sesuai Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 dinyatakan bahwa TNI berkewajiban membantu Kepolisian, Pemerintah Daerah dan instansi terkait untuk mensukseskan pelaksanaan tugas. Sementara disisi lain tugas keamanan nasional, pertahanan negara dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam UU Kepolisian maupun UU TNI banyak aspek yang bisa menjadi modal sinergitas. UU tersebut muncul sebagai implementasi dari UUD 1945 yang menyebutkan bahwa usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung, artinya bahwa sinergitas tugas TNI dan Polri merupakan tugas konstitusi.
Sinergitas TNI Polri diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat luas, baik dalam sikap perilaku dan tindakan serta semangat pengabdian dalam mengemban tugas yang semakin berat dan sangat kompleks. Hubungan harmonis yang selama ini telah terbina dengan baik membuktikan bahwa TNI dan Polri mampu mengatasi berbagai kendala yang dapat mengancam stabilitas keamanan nasional, sehingga bersama Pemda dan Komponen Masyarakat lainnya mampu menciptakan kedamaian dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat dalam pembangunan di daerah.
Dalam perspektif tujuan Nasional, keberhasilan penyelenggaraan pembangunan Nasional sangat lekat hubungannya dengan stabilitas keamanan Nasional. Sedangkan inti dari stabilitas keamanan Nasional adalah profesionalisme TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas pertahanan dan keamanan Negara. Dalam hal ini, sinergitas berupa kesatuan persepsi, keterpaduan, sinkronisasi dan harmonisasi dalam pembangunan kerjasama antar institusi TNI dan Polri untuk meningkatkan profesionalisme sebagai dasar mantapnya stabilitas keamanan Nasional. Peningkatan profesionalisme melalui implementasi sinergitas TNI dan Polri untuk memantapkan stabilitas keamanan Nasional akan memberikan konstribusi dalam keterpaduan pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan perannya, terutama dalam penyelenggaraan operasional di satuan.
TNI dan Polri harus dapat membangun rasa saling menghargai dan menghormati secara organisasi maupun individu sebagai langkah menuju sinergitas TNI dan Polri dalam upaya mewujudkan stabilitas keamanan Nasional.

Baca Ebook