78  TAHUN TNI, TNI PATRIOT NKRI | Majalah Tentara Nasional Indonesia

78 TAHUN TNI, TNI PATRIOT NKRI


Kategori :
Edisi : Minggu, 1 Oktober 2023
Penerbit :

Tradisi Peringatan Hari TNI Tingkatkan Profesionalisme Jiwa Prajurit

Hari lahir Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dirayakan setiap tanggal 5 Oktober merupakan hari yang amat berarti bagi para prajurit TNI. Pada hari tersebut  jati diri sebagai perisai bayangkari negara semakin menguat serta semakin mantap, di mana tanggung jawab atas keutuhan dan kedaulatan negara dirasakan amat mendalam dijiwa prajurit TNI, artinya tegak dan runtuhnya negara ini ada di pundak TNI. Nilai dasar profesionalisme prajurit TNI sebagai penjaga kedaulatan tertanam sejak berdirinya Republik Indonesia ini dengan rangkaian panjang berbagai pengabdian.
Peringatan Hari TNI yang dilaksanakan dalam setiap tahunnya merupakan upaya dalam pelestarian tradisi dan nilai juang sekaligus memupuk kebanggaan dan jiwa korsa TNI. Peringatan ke-78 Hari TNI ini juga dapat menjadi momentum dalam rangka meningkatkan profesionalisme, disiplin dan semangat juang Prajurit TNI dalam mengamankan dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di samping itu, pelaksanaan kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban dan akuntalibilitas TNI kepada masyarakat.
 Momentum HUT ke-78 TNI sangat penting bagi negara dan seluruh rakyat Indonesia menuju terwujudnya TNI yang profesional di mana TNI fokus pada pertahanan negara yang netral (tidak berpolitik), tidak berbisnis, taat kepada hukum (lokal, nasional dan internasional), patuh kepada keputusan otoritas sipil yang berdaulat, dan menghargai hak asasi manusia. Sehingga TNI akan semakin disegani dan tidak akan direndahkan bangsa lain.
Kegairahan perayaan Peringatan ke-78 Hari TNI tahun 2023 ini tidak hanya dirasakan di tingkat pusat saja, namun juga di Komando-Komando kewilayahan TNI. Berbagai kegiatan menjelang hari "H" digelar guna menyemarakkan HUT TNI dengan lebih menitik beratkan kepada kedekatan bersama rakyat dan manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh rakyat.
Puncak perayaan hari TNI ke-78 tahun ini dipusatkan di Jakarta tepatnya di Silang Monas dengan dilaksanakan upacara yang langsung dipimpin oleh Panglima Tertinggi yaitu Presiden RI Joko Widodo, dilanjutkan dengan parade dan defile pasukan serta kekuatan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI, yang mengundang rasa kagum dan kebanggaan para tamu yang hadir serta masyarakat yang menyaksikan.
DIRGAHAYU TNI

 

Baca Ebook