KOOPSSUS TNI  SATUAN BERKEMAMPUAN TRI MATRA  HANDAL DAN PROFESIONAL | Majalah Tentara Nasional Indonesia

KOOPSSUS TNI SATUAN BERKEMAMPUAN TRI MATRA HANDAL DAN PROFESIONAL


Kategori :
Edisi : Minggu, 1 September 2019
Penerbit :

Koopssus TNI Resmi Berdiri

Dilatarbelakangi berbagai aksi terorisme di Indonesia yang terus berkembang, akhirnya pada tanggal 25 Mei 2018 Undang-Undang Nomor 5 tahun 2018 resmi disahkan oleh DPR. Undang-undang tersebut menyatakan bahwa Lembaga yang terlibat dalam penanggulangan teroris diantaranya adalah TNI.

Selain itu dalam rangka menghadapi ancaman yang memiliki eskalasi tinggi, kemudian pada tanggal 3 Juli 2019, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia, yang didalamnya menyebutkan tentang pembentukan Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus TNI).

Perpres diatas menyebutkan bahwa Koopssus TNI bertugas menyelenggarakan operasi khusus dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Panglima TNI Marsekel TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa Pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme sudah menjadi amanat Undang-Undang, terutama bila dipandang bahwa ancaman tersebut sebagai tindakan yang mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah, ataupun keselamatan segenap bangsa Indonesia.

Didasari Undang-Undang Nomor 5 tahun 2018 dan Perpres Nomor 42 Tahun 2019 kemudian Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanti, S.I.P, secara resmi mendirikan Koopssus TNI pada tanggal 30 Juli 2019 lalu, yang terdiri dari prajurit-prajurit pilihan pasukan khusus tiga matra, yaitu dari Sat 81 Kopassus, Denjaka TNI AL dan Sat Bravo 90 Korpaskhas TNI AU yang bersinergi menjadi satu dalam pelaksanaan tugas khusus TNI secara gabungan atau Tri Matra terpadu.

Baca Ebook