TNI SIAP SIAGA TANGGULANGI PANDEMI COVID-19 | Majalah Tentara Nasional Indonesia

TNI SIAP SIAGA TANGGULANGI PANDEMI COVID-19


Kategori :
Edisi : Minggu, 1 Maret 2020
Penerbit :

Sebagai Institusi Pertahanan Negara, TNI melakukan tugas pokoknya dengan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satu tugas OMSP adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan, yang dilaksanakan TNI untuk menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19).

Saat virus corona mewabah di Wuhan Tiongkok dan terjadi penutupan penerbangan dari dan ke Wuhan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., langsung menyiagakan segala kebutuhan untuk keperluan evakuasi dan observasi bagi WNI yang berada di Wuhan, berupa Alutsista, personel maupun sarana dan prasarana yang dimiliki TNI.

Sebagai penindak dan pelaksana di lapangan, Panglima TNI menunjuk Pangkogabwilhan I sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) dalam penanganan evakuasi dan observasi, yang melibatkan personel TNI dari Satuan Kesehatan tiga Matra TNI, Koopsus TNI, Nubika TNI AD, Satuan Intelijen dan Satuan Kewilayahan.

Tugas operasi kemanusiaan yang dilaksanakan TNI, bukan hanya untuk WNI yang berasal dari Wuhan saja, tetapi juga bagi WNI ABK MV. World Dream dan Diamond Princess serta tugas-tugas lainnya dalam rangka menanggulangi pandemi covid-19 di Indonesia.

Baca Ebook